Senin, 01 Juli 2013

Daftar Cek Masalah (DCM)



DAFTAR CEK MASALAH ( DCM )
Drs. Agus Supriadi

Kadangkala kita merasa kesulitan untuk mengidentifikasi segala permasalahan peserta didik, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Permasalahan-permasalahan yang begitu kompleks yang sedang dihadapi peserta didik (konseli) di sekolah-sekolah, dapat kita ketahui melalui beberapa instrumen. Karena dengan instrumen tertentu dapat diupayakan untuk mengungkap permasalahan yang sedang dihadapi konseli. Oleh karenanya pengukuran yang dimaksudkan itu biasa juga disebut Aplikasi Instrumentasi, artinya kegiatan menggunakan instrumen untuk mengungkapkan kondisi sesuatu. Jelasnya Aplikasi Instrumentasi adalah kegiatan untuk mengungkap dan mengumpulkan data tentang kondisi diri peserta didik ( Konseli ) beserta lingkungannya secara terperinci. Pengungkapan dan pengumpulan data ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai instrumen, baik tes maupun non tes baik secara manual maupun komputerisasi.

Pada kegiatan aplikasi instrumentasi ini dapat dipilih beberapa variasi instrumen, yakni:
1) Instrumen Non Tes
    •  DCM ( Daftar Cek Masalah ) , Sosiometri, AUM PTSDL, dll
2)  Instrumen Tes :
     • TIU (Tes Intellegensi Umum), DAT (Deferntial Attitude Tes), EPPS (Edward Personal                     
     Pearson), Tes Kreplin, dll

Dalam hal ini, aplikasi instrumentasi yang namanya DCM merupakan instrumen yang sering digunakan di sekolah-sekolah dan paling favorit dan kadangkala digunakan sebagai alat assement. Namun kita tidak serta merta meninggalkan alat/instrumen lainnya, dan menganggap DCM  adalah satu-satunya yang harus digunakan. Karena masih banyak instrumen yang dapat digunakan dalam kegiatan bimbingan konseling di sekolah.

Apa itu DCM ?
DCM ( Daftar Cek Masalah ) adalah daftar yang berisi pernyataan-pernyataan yang merupakan masalah yang dianggap bisa dan biasa dialami oleh stiap peserta didik (konseli) dalam tingkat perkembangan tertentu. DCM digunakan untuk mengungkap masalah-masalah yang dialami oleh setiap peserta didik (konseli), dengan merangsang atau memancing peserta didik untuk mengutarakan/mengungkapkan permasalahan yang pernah atau sedang dialaminya.

Fungsi dari DCM
Dan tentunya setiap pembuatan/penyusunan suatu instrumen memiliki fungsi-fungsi tertentu. Begitu pula dengan penyusunan instrumen DCM ini, memiliki beberapa fungsi yaitu :
a.        Untuk memudahkan peserta didik mengemukakan masalah yang pernah atau sedang dihadapi.
b.       Untuk mensistimatisasi jenis masalah yang ada pada peserta didik agar memudahkan analisa dan sintesa
       dengan data yang diperoleh dengan cara/alat lain.
c.        Untuk menyusun program pelayanan konseling agar sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan siswa ( Sebagai salah satu alat Need Assesment ).

Selengkapnya tentang Instrumentasi DCM ini dapat di DOWNLOAD DI SINI. Semoga dapat berguna bagi semua rekan-rekan, khususnya Guru BK.

Sumber :  Drs. Mastur, Kons. ,   Makalah Need Assesment Melalui  Aplikasi  Instrumentasi  DCM ( Daftar Cek Masalah ) Dengan Sistem Komputer, Disampaikan Pada Kegiatan Workshop Guru Pembimbing  Se Karesidenan Pekalongan di Tegal Minggu, Tanggal 11 Januari 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar