DAFTAR CEK MASALAH ( DCM )
Drs. Agus
Supriadi
Kadangkala
kita merasa kesulitan untuk mengidentifikasi segala permasalahan peserta didik,
baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Permasalahan-permasalahan yang
begitu kompleks yang sedang dihadapi peserta didik (konseli) di
sekolah-sekolah, dapat kita ketahui melalui beberapa instrumen. Karena dengan
instrumen tertentu dapat diupayakan untuk mengungkap permasalahan yang sedang
dihadapi konseli. Oleh karenanya pengukuran yang dimaksudkan itu biasa juga
disebut Aplikasi Instrumentasi, artinya kegiatan menggunakan instrumen untuk
mengungkapkan kondisi sesuatu. Jelasnya Aplikasi Instrumentasi adalah kegiatan
untuk mengungkap dan mengumpulkan data tentang kondisi diri peserta didik ( Konseli
) beserta lingkungannya secara terperinci. Pengungkapan dan pengumpulan data
ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai instrumen, baik tes maupun non
tes baik secara manual maupun komputerisasi.
Pada kegiatan aplikasi instrumentasi
ini dapat dipilih beberapa variasi instrumen, yakni:
1) Instrumen Non Tes
• DCM ( Daftar Cek Masalah ) ,
Sosiometri, AUM PTSDL, dll
2) Instrumen Tes :
• TIU (Tes
Intellegensi Umum), DAT (Deferntial Attitude Tes), EPPS (Edward Personal
Pearson), Tes Kreplin, dll
Pearson), Tes Kreplin, dll
Dalam hal
ini, aplikasi instrumentasi yang namanya DCM merupakan instrumen yang sering
digunakan di sekolah-sekolah dan paling favorit dan kadangkala digunakan sebagai alat assement. Namun
kita tidak serta merta meninggalkan alat/instrumen lainnya, dan menganggap DCM adalah satu-satunya yang harus digunakan. Karena masih banyak instrumen yang dapat digunakan dalam kegiatan bimbingan konseling di sekolah.
Apa
itu DCM ?
DCM
( Daftar Cek Masalah ) adalah daftar yang berisi pernyataan-pernyataan yang
merupakan masalah yang dianggap
bisa dan
biasa dialami oleh
stiap peserta didik (konseli) dalam tingkat perkembangan tertentu.
DCM digunakan untuk mengungkap masalah-masalah yang dialami oleh setiap peserta didik (konseli), dengan merangsang atau memancing peserta
didik untuk mengutarakan/mengungkapkan permasalahan
yang pernah atau sedang dialaminya.
Fungsi dari DCM
Dan tentunya setiap pembuatan/penyusunan suatu instrumen memiliki
fungsi-fungsi tertentu. Begitu pula dengan penyusunan instrumen DCM ini,
memiliki beberapa fungsi yaitu :
a. Untuk
memudahkan peserta didik mengemukakan masalah yang pernah atau sedang dihadapi.
b. Untuk
mensistimatisasi jenis masalah yang ada pada peserta didik agar memudahkan
analisa dan sintesa
dengan data yang diperoleh dengan cara/alat lain.
c. Untuk
menyusun program pelayanan konseling agar sesuai dengan kebutuhan dan
permasalahan siswa ( Sebagai salah satu alat Need Assesment ).
Selengkapnya
tentang Instrumentasi DCM ini dapat di DOWNLOAD DI SINI. Semoga dapat berguna
bagi semua rekan-rekan, khususnya Guru BK.
Sumber : Drs. Mastur, Kons. , Makalah Need Assesment Melalui Aplikasi
Instrumentasi DCM ( Daftar Cek
Masalah ) Dengan Sistem Komputer, Disampaikan Pada Kegiatan Workshop Guru Pembimbing Se Karesidenan Pekalongan di Tegal Minggu,
Tanggal 11 Januari 2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar